article Biar Awet! Beli Pengaman Adaptor Bottom Loading Agar Selalu Terjaga dan Terlindungi! cover image

Biar Awet! Beli Pengaman Adaptor Bottom Loading Agar Selalu Terjaga dan Terlindungi!

Beranda > Artikel > Adaptor Bottom Loading > Biar Awet! Beli Pengaman Adaptor Bottom Loading Agar Selalu Terjaga dan Terlindungi!

Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah adaptor bottom loading, apalagi bagi Anda yang bekerja di bidang industri dan perminyakan atau gas. Adaptor ini digunakan untuk proses bottom loading.

 

Baca Juga : Kenali Tipe-Tipe Adaptor Bottom Loading dan Fungsinya!

 

Bottom loading sendiri merupakan metode yang digunakan untuk mengisi truk tangki dengan memompa produk kimia, minyak bumi, atau petrokimia menggunakan sistem katup dan peralatan lainnya. Untuk mengetahui apa itu adaptor bottom loading, mari simak ulasan berikut ini.

 

Pengertian Adaptor Bottom Loading

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bottom loading adalah metode pengisian truk tangki dengan cara memompa produk kimia, minyak bumi, atau petrokimia melalui sistem katup dan peralatan lainnya yang dipasang di bagian bawah truk menuju tangki kargo.

 

Adaptor sendiri merupakan rangkaian komponen peralatan yang digunakan untuk melakukan proses bottom loading. Adaptor valve ini bertujuan agar proses pemompaan ke dalam tangki menjadi lebih aman dan terhindar dari kebocoran.

 

Secara umum, adaptor adalah serangkaian elektronik yang memiliki fungsi untuk mengubah arus bolak-balik atau arus AC yang lebih tinggi menjadi arus searah atau tegangan DC yang lebih rendah.

 

Beberapa jenis adaptor yang mungkin sudah sering Anda dengar yaitu adaptor bolt bl400, adaptor front block, adaptor v brake, dan lain sebagainya.

 

Jadi, bisa disimpulkan bahwa adaptor bottom loading merupakan serangkaian alat yang digunakan dalam proses pemompaan produk kimia, petrokimia, atau minyak bumi ke dalam tangki kargo melalui sistem katup dan peralatan lainnya yang dipasang di bagian bawah truk.

 

Komponen Adaptor Bottom Loading

 

Dalam proses bottom loading atau pemompaan melalui sistem katup, ada beberapa komponen yang memiliki peran penting antara lain valve (katup), dust cap (penutup debu), dan tutup tangki. Berikut ini komponen atau bagian-bagian pada bottom loading beserta penjelasannya:

 

Valve (Katup)

 

Salah satu komponen penting pada bottom loading yaitu valve atau katup. Valve atau katup ini merupakan perangkat yang digunakan dan dipasang pada sistem perpipaan yang memiliki fungsi untuk mengatur, mengontrol, dan mengarahkan laju aliran fluida.

 

Cara kerja valve atau katup ini yaitu dengan membuka, menutup, atau mengalirkan sebagian fluida sehingga bisa mendapatkan pressure (tekanan) yang lebih rendah ke dalam tangki.

 

Valve (katup) ini tersedia dalam berbagai jenis seperti ball valve, trap valve, globe valve, butterfly valve, pressure reducing valve, dan masih banyak lagi.

 

Setiap jenis valve juga memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing. Berikut ini beberapa jenis valve yang biasa digunakan pada bottom loading:

 

API Bottom Loading Valve 4 Inchi

 

Salah satu model valve yaitu API Bottom Loading valve ukuran 4 inci yang digunakan untuk mengisi truk tangki dengan produk kimia, minyak bumi, petrokimia, atau cairan lainnya. Untuk cara pemuatannya dilakukan secara tradisional atau dikenal dengan istilah top loading.

 

Lihat Produk Kami : Adaptor Bottom Loading

 

Top loading yaitu sebuah cara yang digunakan dalam pemuatan atau pengangkutan produk kimia atau petrokimia melalui penutup lubang got atau manhole cover yang terbuka. Lubang ini terdapat di bagian atas tangki truk.

 

Vapor Vent Valve 4 Inchi

 

Selain API bottom loading adapter, ada juga model vapor vent valve yang berfungsi sebagai ventilasi dan bertugas untuk mengeluarkan uap atau udara yang terdapat di dalam instalasi pipa.

 

Lihat Produk Kami : Vapor Vent Valve 4" 

 

Komponen adaptor bottom loading ini akan membuat instalasi pipa benar-benar terbebas dari campuran lainnya sehingga hanya mengalirkan fluida atau air saja tanpa campuran kandungan lain. Vapor vent valve ukuran 4 inchi ini terbuat dari besi cor yang kuat dan tahan lama.

 

Vapor Adapter Valve 4 Inchi

 

Selain ventilasi, adaptor bottom loading juga memiliki adapter yang berguna untuk menghubungkan tanker jalan dengan rak pemuatan dalam proses pengisian minyak bumi, petrokimia, atau produk kimia lainnya.

 

Katup satu ini juga berfungsi untuk melakukan proses pembongkaran produk kimia cair melalui selang di stasiun servis. Material yang digunakan untuk pembuatan valve atau katup ini yaitu besi cor sehingga ketahanannya sangat kuat dan awet.

 

Dust Cap 4 Inchi

 

Selain valve, proses bottom loading juga membutuhkan dust cap. Dust cap atau tutup debu ini berfungsi untuk menjaga dan melindungi bottom loading. Dust cap ini juga memiliki fungsi untuk membersihkan konektor yang tidak tersambung.

 

Dengan adanya komponen ini, fluida atau air yang ada di dalam tangki bisa terbebas dari campuran kandungan lainnya sehingga tetap steril dan bersih.

 

Tutup Tangki Manhole Cover

 

Komponen lain yang terdapat pada adaptor bottom loading yaitu tutup tangki manhole cover. Manhole cover tutup tangki yang biasanya ada di bagian atas truk tangki ini berfungsi untuk mencegah kebocoran.

 

Sama seperti fungsi manhole cover pada umumnya, tutup tangki ini berfungsi untuk mencegah air hujan atau cairan lainnya masuk ke dalam tangki truk. Manhole cover juga sengaja dibuat dari material besi cor yang kedap air agar air hujan tidak merembes masuk ke dalam tangki.

 

Karena perannya yang sangat vital, tutup tangki ini terdiri dari beberapa bagian antara lain karet penutup, per tutup, lubang ventilasi, dan kunci. Berikut ini bagian-bagian pada tutup tangki beserta fungsinya:

 

Karet Tutup Tangki

 

Salah satu bagian atau komponen yang terdapat pada tutup tangki yaitu karet penutup. Karet ini memiliki fungsi untuk menyekat antara bahan bakar atau produk kimia yang diangkut di dalam tangki dengan lubang penutup tangkinya.

 

Karet penutup ini biasanya berada di bagian bawah lingkaran bibir dan berfungsi mencegah terjadinya kebocoran. Karet ini juga bertugas mencegah air hujan atau bahan cair lain masuk ke dalam tangki melalui lubang di bagian tutup tangki.

 

Per Tutup Tangki

 

Bagian lain yang ada di tutup tangki yaitu per yang berfungsi untuk menekan bagian lingkar penutup tangki. Per ini biasanya berada di bagian bibir lubang tangki.

 

Per ini juga memiliki fungsi agar bagian karet penutup bisa bekerja secara maksimal dalam menyekat mulut tangki dengan produk kimia yang diangkut di dalam tangki truk.

 

Lubang Ventilasi

 

Tutup tangki manhole cover ini dilengkapi dengan lubang yang berfungsi sebagai ventilasi agar tidak terjadi penyumbatan yang bisa menyebabkan kevakuman tekanan udara di dalam tangki.

 

Selain itu, lubang ventilasi pada tutup tangki ini juga memiliki fungsi untuk mencegah penyumbatan yang bisa terjadi pada produk kimia yang akan dipompa menuju injektor atau karburator.

 

Kunci Tutup Tangki

 

Tutup tangki dilengkapi dengan kunci pengaman yang berfungsi agar tutup tangki tidak mudah lepas atau terbuka. Dengan adanya kunci pada tutup tangki, adaptor bottom loading menjadi lebih aman dan mencegah air atau cairan lainnya masuk ke dalam tangki.

 

Bagi yang membutuhkan adaptor bottom loading atau instrumen industri lain, bisa mendapatkannya di www.tekniksaurus.com. Sebagai penyedia instrumen industri, minyak, dan gas berpengalaman, kualitas produk Teknik Saurus sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Loading...