article Ini Daftar Adaptor Bottom Loading Merk Oilboy Yang Menjadi Rekomendasi Banyak Orang! cover image

Ini Daftar Adaptor Bottom Loading Merk Oilboy Yang Menjadi Rekomendasi Banyak Orang!

Beranda > Artikel > Adaptor Bottom Loading > Ini Daftar Adaptor Bottom Loading Merk Oilboy Yang Menjadi Rekomendasi Banyak Orang!

Biasanya truk tangki bisa dibedakan menjadi beberapa kompartemen yang berbeda yang diisi dengan produk bahan bakar cair seperti solar, bensin, minyak bumi, dan lain sebagainya. Untuk pengisiannya sendiri bisa menggunakan dua cara yaitu top loading dan adaptor bottom loading.

 

Pada top loading operator akan berdiri di atas tangki dan memasukkan loading arms melalui lubang tangki. Namun, saat ini sistem top loading sudah semakin ditinggalkan karena alasan kesehatan dan keselamatan. Untuk tahu lebih dalam tentang sistem bottom loading, silahkan simak informasi berikut.

 

Keunggulan Adaptor Bottom Loading

 

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pengisian fluida ke dalam tangki bisa menggunakan metode top loading atau pemuatan atas dan bottom loading atau pemuatan bawah. Jika sebelumnya pemuatan yang umum dilakukan adalah sistem top loading saat ini mulai beralih ke pemuatan bawah.

 

Baca Juga : Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Meteran Irigasi

 

Pemuatan bawah atau bottom loading dianggap lebih unggul dan aman sehingga banyak diterapkan di berbagai tempat. Adapun keunggulannya adalah seperti berikut:

1. Pengisian ke Kompartemen sesuai Keinginan

API system merupakan instalasi opsional pada truk tangki yang memungkinkan produk bahan bakar cair dipompa dari ruang instalasi di bagian samping truk tangki melalui kopling API ke kompartemen yang diinginkan.

 

2. Mencegah Terjadinya Kontaminasi Produk

Sistem yang menggunakan adaptor bottom loading bisa dipasang dengan satu atau dua kopling pusat atau dengan kopling terpisah pada setiap kompartemen. Ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kontaminasi produk.

 

3. Lebih Efisien dan Hemat Waktu

Proses pengisian bisa diulang untuk setiap kompartemen yang digabungkan ke dalam sistem bottom loading. Misalnya saja dua atau lebih kompartemen bisa dimuat secara bersamaan sehingga lebih efisien dan menghemat waktu.

 

Pada proses pemuatan, pengisian bisa berlangsung lebih cepat karena operator tidak perlu naik ke atas truk tangki untuk membuka manhole dan meletakkan loading arms pada posisi pemuatan. Tingkat pemuatan bottom loading jauh lebih besar daripada top loading.

 

4. Lebih Aman

Sistem pengisian bahan bakar cair ke truk tangki dianggap lebih aman jika menggunakan adaptor bottom loading. Operator akan berdiri di area yang aman selama proses pemuatan berlangsung. Dari segi pemulihan, uap bisa mencapai 95% dan bisa dihilangkan dengan aman.

 

Sementara pada top loading proses pengisian melibatkan percikan cairan selama pemuatan sehingga menyebabkan penumpukan muatan listrik. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya percikan dengan adanya peralatan maupun operator yang bergerak di atas truk tangki.

 

Selain itu, juga terdapat sensor pada kompartemen sehingga pengisian pada kompartemen bisa segera ditutup dengan aman sebelum batas volume maksimum yang diizinkan tercapai. Sirkuit pipa penguapan, konektor pelindung pengisian berlebih, serta pembumian juga tersedia.

 

5. Mencegah Terjadinya Tumpahan

Setiap tumpahan produk petrokimia akan berdampak serius pada aspek keselamatan, kebakaran, polusi serta kerugian. Fitur dry disconnect pada bottom loading mampu mengurangi dan bahkan mencegah terjadinya tumpahan di terminal pemuatan maupun stasiun servis.

 

Daftar Adaptor Bottom Loading Merk Oilboy yang Direkomendasikan

 

Sebelumnya telah dijelaskan mengenai beberapa keunggulan dari sistem bottom loading pada pengisian bahan bakar cair atau petrokimia. Untuk mendukung proses pemuatan bawah tersebut diperlukan adaptor bottom loading yang berkualitas. Berikut ini adalah daftar rekomendasinya:

 

1. API Bottom Loading Valve 4 Inchi

Produk bottom loading ini sangat dibutuhkan dalam proses pemuatan bawah yang terdiri dari sistem katup dan alat kelengkapan lainnya. Produk dengan berat 5.500 gram ini terbuat dari bahan besi cor yang kuat dan awet dengan ukuran 4 inchi.

 

Produk API bottom loading adaptor ini sangat ideal untuk membantu memaksimalkan proses pemuatan dan pengisian produk minyak bumi, gas cair dan bahan kimia. Dengan produk yang berkualitas, penggunaan alat ini bisa untuk jangka panjang.

 

Spesifikasi produk:

Tipe Produk Bottom Loading
Bahan Besi Cor
Berat 5.500 gram
Ukuran 4"
Merk Oilboy
Produksi China

 

2. Bottom Loading Valve 4”

Bottom loading valve terbuat dari besi cor dengan berat 6.000 gram. Alat ini dipasang pada sistem perpipaan pemuatan bawah. Secara teknis, alat ini bekerja dengan cara membuka, menutup, dan mengalirkan sebagian dari fluida agar tekanannya lebih rendah.

 

Secara garis besar, valve atau katup pada sistem bottom loading memiliki berfungsi untuk menutup atau membuka aliran dengan pressure loss atau hambatan aliran yang minimum.

 

Selain itu, juga mengatur aliran dengan cara menahan aliran menggunakan hambatan, perubahan arah, atau kombinasi dari keduanya. Valve juga akan mencegah aliran kembali atau back flow sehingga akan tetap terbuka dan tertutup jika ada aliran yang arahnya berlawanan.

 

Spesifikasi produk:

Tipe Produk Bottom Loading
Bahan Besi Cor
Berat 6.000 gram
Ukuran 4"
Merk Oilboy
Produksi China

 

3. Vapor Adapter Valve 4”

Vapor Adapter Valve berfungsi sebagai katup yang menghubungkan tanker jalan untuk pengisian di rak pemuatan bawah maupun untuk kegiatan pembongkaran di stasiun servis. Produk ini terbuat dari bahan besi cor dengan berat 4.000 gram sehingga awet dan tahan lama.

 

Spesifikasi produk:

Tipe Produk Adapter
Bahan Besi Cor
Berat 4.000 gram
Ukuran 4"
Merk Oilboy
Produksi China

 

4. Vapor Vent Valve 4”

Salah satu perlengkapan adaptor bottom loading ini memiliki fungsi yang tidak kalah penting, terutama mengeluarkan udara atau uap yang ada di dalam instalasi pipa. Dengan fungsinya tersebut, bisa dipastikan hanya fluida saja yang dialirkan sehingga jauh lebih aman.

 

Lihat Produk Kami : Vapor Adapter Valve 4"

 

Perlengkapan ini secara efektif akan mencegah resiko terjadinya aliran yang tidak stabil pada saat proses pengisian bahan bakar cair atau petrokimia berlangsung. Itulah mengapa valve atau katup pada industri migas memiliki peran yang sangat penting.

 

Spesifikasi produk:

Tipe Produk Lain-lain
Bahan Besi Cor
Berat 3.000 gram
Ukuran 4"
Merk Oilboy
Produksi China

 

5. Bottom Loading 4” Dust Cap

Dust Cap 4” memiliki fungsi yang tidak kalah penting dari perlengkapan adaptor bottom loading lainnya. Alat ini akan melindungi produk bahan bakar cair atau petrokimia dari partikel asing yang masuk ke dalam tangki. Produk ini memiliki berat 1.000 gram serta ukuran 4 inchi.

 

Spesifikasi produk:

Tipe Produk Lain-lain
Berat 1.000 gram
Ukuran 4"
Merk Oilboy
Produksi China

 

6. Tutup Tangki Manhole Cover 22”

Tutup tangki manhole dengan ukuran 22 inchi sangat penting untuk menutup tangki bagian atas dan mampu mengoptimalkan kinerja sistem adaptor bottom loading. Alat ini terbuat dari besi cor dengan berat 16.000 gram sehingga dijamin kuat dan memiliki ketahanan yang bagus.

 

Lihat Produk Kami : Calibration Equipment

 

Tutup tangki ini didesain sedemikian rupa sehingga benar-benar rapat namun tetap terhubung dengan sistem pipa untuk penguapan. Sementara di bagian manhole sendiri terdapat tanda batas fluida.

 

Spesifikasi produk:

Tipe Produk Lain-lain
Bahan Besi Cor
Berat 16.000 gram
Ukuran 22"
Merk Oilboy
Produksi China

 

Daftar adaptor bottom loading di atas memiliki kualitas terbaik sehingga sangat direkomendasikan untuk keperluan pengisian produk petrokimia. Anda bisa mendapatkan semua produk unggulan tersebut di Teknik Saurus yang telah berpengalaman menyediakan alat industri selama 33 tahun.

Loading...