article Apa Itu Water Meter? Inilah Pengertian dan Fungsinya! cover image

Apa Itu Water Meter? Inilah Pengertian dan Fungsinya!

Beranda > Artikel > PT Badja Abadi Sentosa > Apa Itu Water Meter? Inilah Pengertian dan Fungsinya!

Water Meter

Di berbagai jenis bangunan, seperti rumah, gedung kantor, rumah sakit, dan sebagainya, tentu selalu memiliki water meter. Namun, tidak semua orang tahu mengenai apa saja fungsi dan cara kerjanya.

 

Kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian, fungsi, dan cara kerja yang perlu Anda ketahui. Komponen ini sangat penting digunakan untuk memenuhi kebutuhan air setiap orang. Berikut merupakan ulasan selengkapnya.

Pengertian Water Meter


Water meter ialah suatu alat yang digunakan untuk mengukur banyaknya air yang mengalir di suatu pipa atau saluran air. Biasanya, alat ini terhubung pada sambungan pipa yang ada di suatu bangunan. Penggunaannya tentu lebih akurat agar mengetahui banyaknya debit air yang mengalir.

 

Perlu diketahui, biasanya peralatan ini juga dilengkapi dengan indikator penunjuk volume air dengan berbagai kelas metrologi dengan tekanan maksimal hingga 10 bar serta suhu maksimal 40 derajat celcius.

 

Fungsi Water Meter
 Water meter mekanis

Pada umumnya, meteran air berfungsi untuk mengetahui jumlah volume air yang mengalir dari pipa air. Keberadaan water meter atau meteran air sangat penting agar pengguna bisa mengontrol jumlah penggunaan air, sehingga dapat meminimalisir biaya air yang berlebihan.

 

Tidak hanya itu, alat ini telah dilengkapi dengan tampilan analog atau digital yang mempermudah Anda untuk membacanya. Disana akan terlihat adanya data pengukuran, volume air yang sudah digunakan, bahkan kecepatan air mengalir.

 

Menariknya, meteran air juga mampu memberikan akurasi yang baik untuk mengukur penggunaan air. Tidak hanya itu, jenis-jenisnya pun banyak seperti water meter jet, woltman, ultrasonik, dan sebagainya.

 

Cara Kerja Water Meter


Setelah Anda mengetahui secara singkat pengertian dan fungsi dari alat meteran air ini, selanjutnya adalah cara kerja water meter. Adapun cara kerja umumnya terbagi menjadi 3 jenis berbeda, berikut merupakan penjelasan selengkapnya:

 

1. Water Meter Ultrasonik


Water meter jenis ultrasonik memerlukan catu daya dalam penggunaannya. Alat ukur jenis ini memiliki cara kerja mengirimkan gelombang suara melalui air untuk menentukan laju aliran. Lalu, alat ini juga mampu mengukur waktu transit sinyal, jangka waktu yang diperlukan untuk berpindah yaitu perbedaan frekuensi catu daya.

 

2. Mekanis


Selanjutnya yaitu mekanis. Jenis water meter mekanis adalah yang paling umum dijumpai. Dalam penggunaannya tidak memerlukan catu daya. Cara kerjanya, impeller akan berputar saat air melewati meteran. Setiap air yang melewatinya akan dikalibrasi untuk menentukan laju aliran berdasarkan rotasi putaran.

 

3. Elektromagnetik


Terakhir, ada elektromagnetik. Alat ukur elektromagnetik ini menggunakan voltase agar bisa menentukan laju aliran air. Meteran air jenis ini juga membutuhkan catu daya agar bisa berjalan dengan baik.

 

Selain itu, tipe elektromagnetik akan menghasilkan tegangan saat air melalui pipa yang dikelilingi oleh medan magnet dan elektroda. Kecepatan air tersebut akan menentukan banyaknya tegangan yang dihasilkan, sehingga nantinya dapat menghasilkan data tegangan menjadi laju aliran.

 

Dapatkan Water Meter Berkualitas di Teknik Saurus


Alat meteran  air memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting dan wajib untuk diterapkan di setiap bangunan termasuk rumah tangga. Adanya water meter, Anda bisa mengetahui laju aliran air yang mengalir sehingga dapat mengontrol penggunaan air dan berpengaruh pada biaya operasional air.

 

Alat meteran air ini mempunyai banyak fungsi dan jenisnya. Pastikan Anda menggunakan jenis  yang tepat dan berkualitas.

 

Kami dari Teknik Saurus merekomendasikan sejumlah meteran air yang terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Kami berada di bawah naungan PT Badja Abadi Sentosa dan sudah terdaftar sebagai distributor resmi beberapa brand ternama.

 

Setiap water meter yang kami jual mempunyai spesifikasi, ukuran, serta harga yang berbeda-beda. Misalnya, ada yang ukuran 125 mm, 150 mm, 200 mm, dan lain sebagainya. Jadi, Anda bisa memilih sendiri yang paling sesuai dengan kebutuhan.

 

Harga yang kami tawarkan pun cukup terjangkau dan pastinya kualitasnya terjamin. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kualitas produk dan cara kerja alat yang kami tawarkan.

 

Untuk mendapatkan produk terbaru, Anda bisa langsung menelusuri laman resmi kami atau menghubungi kami melalui kontak yang tersedia di website Teknik Saurus.

 

Loading...