article Rotameter: Alat Pengukur Aliran Fluida yang Akurat cover image

Rotameter: Alat Pengukur Aliran Fluida yang Akurat

Beranda > Artikel > PT Badja Abadi Sentosa > Rotameter: Alat Pengukur Aliran Fluida yang Akurat

Rotameter

Bagi Anda yang membutuhkan alat pengukur laju aliran berupa gas atau cairan dalam tabung tertutup, rotameter pasti menjadi salah satu alat yang dibutuhkan. 

 

Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap terkait definisi rotameter, kelebihan dan kekurangan, fungsi, serta beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika memilih alat ini.

 

Apa itu Rotameter?


Rotameter adalah alat pengukur aliran fluida yang sangat populer. Alat ini digunakan untuk mengukur aliran fluida cair atau gas melalui pipa atau saluran tertentu.

 

Cara kerjanya memiliki prinsip yang sangat sederhana. Saat fluida mengalir melalui tabung transparan, float akan naik atau turun tergantung pada aliran fluida.

 

Jika aliran fluida lebih besar, float akan bergerak ke atas dan jika aliran fluida lebih kecil, float akan bergerak ke bawah. Ukuran aliran fluida dapat dibaca dengan skala pada tabung transparan.

 

Dibandingkan dengan alat pengukur aliran lainnya, alat ini lebih murah dan mudah digunakan. Selain itu, kemampuannya dalam mengukur aliran fluida juga cukup tinggi akurasinya.

 

Dibalik kelebihan, alat ini nyatanya juga memiliki keterbatasan. Salah satunya adalah rentang pengukurannya yang terbatas. Sehingga tidak cocok untuk mengukur aliran fluida pada suhu dan tekanan tinggi karena cukup rentan terhadap partikel padat dalam fluida, yang dapat menyebabkan float macet atau rusak.

 

Secara umum, kegunaannya banyak ditemukan dalam berbagai industri, seperti kimia, farmasi, makanan dan minuman, dan industri pemrosesan air. 

 

Alat ini juga harus dipasang secara benar dan dikalibrasi secara berkala agar tingkat akurasinya bisa dipastikan bagus. Untuk menjaga kualitas dan kinerjanya, perawatan rutin juga sangat diperlukan.

 

Secara keseluruhan, rotameter flow meter adalah alat pengukur aliran yang handal dan efisien yang dapat digunakan untuk mengukur aliran fluida.

 

Tips Memilih Rotameter yang Benar
 Rotameter adalah

Meskipun memiliki banyak keunggulan dan kelemahan, alat ini masih menjadi salah satu pilihan utama dalam industri untuk mengukur aliran fluida dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

 

Selanjutnya, Anda perlu memahami bagaimana cara memilih rotameter yang tepat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan:

 

1.   Jenis Fluida


Pertama, pastikan alat yang Anda pilih kompatibel dengan jenis fluida yang akan diukur, baik cair maupun gas.

 

2.   Rentang Aliran


Perhatikan secara detail rentang aliran yang akan diukur. Pastikan alat yang Anda pilih sudah memenuhi kebutuhan Anda, karena beberapa alat mempunyai rentang aliran yang lebih luas daripada yang lain.

 

3.   Material Konstruksi


Perhatikan material yang digunakan. Pastikan bahwa itu terbuat dari bahan yang tahan terhadap jenis fluida yang akan diukur. Jika Anda akan mengukur cairan korosif, pastikan bahwa itu terbuat dari bahan yang tahan terhadap korosi.

 

4.   Akurasi Rotameter 


Pertimbangkan tingkat akurasi yang diperlukan. Baca terlebih dahulu spesifikasinya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Jangan sampai ada informasi alat yang tidak Anda pahami.

 

5.   Koneksi dan Ukuran


Pilihlah alat yang sesuai dengan saluran yang akan dipakai, dan pastikan juga bahwa jenis koneksinya sudah sesuai dengan sistem yang tersedia.

 

6.   Merk dan Kualitas


Sebelum memilih, perhatikan merk dagang dan kualitas alatnya. Jika memungkinkan, pilihlah produk dari merk yang terpercaya dan ternama. Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dengan produsen untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih khusus untuk kebutuhan Anda.

 

Dapatkan Rotameter Berkualitas di Teknik Saurus


Teknik Saurus adalah toko online (e-commerce) yang sudah beroperasi sejak tahun 2016. Fokus kami adalah penjualan produk umum yang dibutuhkan di berbagai industri.

 

Store ini adalah solusi bagi para calon pembeli yang memerlukan informasi tentang kebutuhan barang industrinya. Kami selalu mengutamakan kepuasan pembeli, produk yang kami jual adalah produk asli dengan kualitas nomor satu.

 

Untuk melakukan pembelian produk, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi kami, dan langsung memilih produk serta quantity yang diperlukan. Proses pemesanan akan berlangsung selama satu sampai dua hari kerja. Untuk pembayarannya, saat ini hanya bisa dilakukan secara tunai.

 

Setelah melakukan pemesanan produk, Anda bisa melacak keberadaan pengiriman produk di website kami. Pastikan Anda sudah melakukan login terlebih dahulu.

 

Demikianlah informasi lengkap terkait rotameter, untuk penawaran produk lebih lengkap di Teknik Saurus, silakan kunjungi tautan berikut. Ayo segera beli kebutuhan produk Anda sekarang juga ya!

Loading...